Secara bahasa, multimedia
terdiri dari dua suku kata, yaitu multi dan media. Multi berarti banyak atau
bermacam - macam, sedangkan media berarti alat atau sesuatu yang digunakan
untuk menyampaikan informasi atau pesan. Jadi, menurut bahasa multimedia dapat
diartikan sebagai alat - alat yang digunakan untuk menyampaikan informasi.
Multimedia digunakan dalam berbagai
bidang, seperti bidang informatika, pendidikan, bisnis, dan lain sebagainya.
Dalam bidang informatika, multimedia digunakan untuk membuat game dan website.
Sedangkan pada bidang pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran
baik di dalam kelas, maupun secara otodidak. Pada bidang bisnis, multimedia
digunakan sebagai iklan, produk, dan sistem e-learning.
Tujuan
Dasar Multimedia
Pemanfaatan multimedia
memiliki tujuan-tujuan dasar sebagai berikut :
- Meningkatkan efektifitas
penyampaian informasi
- Mendorong partisipasi,
eksploitasi dan interaksi pemakai
- Merancang panca indra,
karena bersifat visual
- Memberikan kemudahan
pemakaian.
Unsur
– unsur pendukung dalam multimedia
1) Teks
Bentuk data multimedia yang
paling mudah disimpan dan dikendalikan adalah teks. Teks merupakan yang paling
dekat dengan kita dan yang paling banyak kita lihat. Teks dapat membentuk kata,
surat atau narasi dalam multimedia yang menyajikan bahasa kita. Kebutuhan teks
tergantung pada kegunaan aplikasi multimedia. Secara umum ada empat macam teks
yaitu teks cetak, teks hasil scan, teks elektronis dan hyperteks.
2) Grafik
Alasan untuk menggunakan
gambar dalam presentasi atau publikasi multimedia adalah karena lebih menarik
perhatian dan dapat mengurangi kebosanan dibandingkan dengan teks. Gambar dapat
meringkas dan menyajikan data kompleks dengan cara yang baru dan lebih berguna.
Sering dikatakan bahwa sebuah gambar mampu menyajikan seribu kata. Tapi ini
berlaku hanya ketika kita biasa menampilkan gambar yang diinginkan saat kita
memerlukannya. Multimedia membatu kita melakukan hal ini, yakni ketika gambar
grafis menjadi objek suatu link. Grafis sering kali muncul sebagai backdrop
(latar belakang) suatu teks untuk menghadirkan kerangka yang mempermanis teks.
Secara umum ada lima macam gambar atau grafik yaitu gambar vektor (vector
image), gambar bitmap (bitmap image), clip art, digitized picture dan
hyperpicture.
3) Bunyi atau Sound
Bunyi atau sound dalam
komputer multimedia, khusunya pada aplikasi bidang bisnis dan game sangat
bermanfaat. Komputer multimedia tanpa bunyi hanya disebut unimedia, bukan
multimedia. Bunyi atau sound dapat kita tambahkan dalam produksi multimedia
melalui suara, musik dan efek-efek suara. Seperti halnya pada grafik, kita
dapat membeli koleksi sound disamping juga menciptakan sendiri. Beberapa jenis
objek bunyi yang biasa digunakan dalam produksi multimedia yakni format
waveform audio, compact disk audio, MIDI sound track dan mp3.
4) Video
adalah rekaman gambar hidup
atau gambar bergerak yang saling berurutan. Terdapat dua macam video yaitu
video analog dan video digital. Video analog dibentuk dari deretan sinyal
elektrik (gelombang analog) yang direkam oleh kamera dan dipancarluaskan
melalui gelombang udara. Sedangkan video digital dibentuk dari sederetan sinyal
digital yang berbentuk yang menggambarkan titik sebagai rangkaian nilai minimum
atau maksimum, nilai minimum berarti 0 dan nilai maksimum berarti. Terdapat
tiga komponen utama yang membentuk video digital yaitu frame rate, frame size
dan data type. Frame rate menggambarkan berapa kali bingkai gambar muncul
setiap detiknya, sementara frame size merupakan ukuran fisik sebenarnya dari
setiap bingkai gambar dan data type menentukan seberapa banyak perbedaan warna
yang dapat muncul pada saat bersamaan.
5) Animasi Dalam Multimedia
animasi merupakan penggunaan
komputer untuk menciptakan gerak pada layar. Ada sembilan macam animasi yaitu
animasi sel, animasiframe, animasi sprite, animasi lintasan, animasi spline,
animasi vector, animasi karakter, animasi computational dan morphing.
Karakteristik
Sistim Multimedia
- Must be Computer Controlled
Harus dikerjakan dengan menggunakan computer
- Integrated
(Text,Animation,Audio,Video) Merupakan integrasi dari text, animasi, suara dan
video
- Represented Digitally
Direpresentasikan dalam bentuk digital
- Interface to user may permit
interactivity Harus menggunakan antarmuka dengan pengguna secara interaktif
Sumber:
